Libur Maulid Nabi 28 September 2023

pada Kamis 28 September 2023 mendatang, umat muslim memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Namun, saat ini banyak yang bertanya kapan libur Maulid Nabi Muhammad SAW 2023, serta apakah peringatan hari besar umat Islam tersebut jatuh pada 27 atau 28 September 2023?

Untuk diketahui, Rabiul Awal disebut juga dengan bulan Maulid, karena pada bulan tersebut Nabi Muhammad SAW dilahirkan. Oleh karena itu, pada tahun ini peringatan kelahiran Nabi Muhammad jatuh pada Kamis (28/9/2023).

Maulid Nabi sudah menjadi bagian dari tradisi umat Islam yang tidak bisa dipisahkan dari budaya Nusantara. Setiap daerah di Indonesia memiliki adat dan ciri khas tersendiri dalam merayakan Maulid Nabi, mulai dari acara sederhana di surau-surau kecil hingga acara megah nan meriah.

Memang, ada sebagian kecil kelompok masyarakat yang menolak perayaan Maulid Nabi. Mereka menganggap perayaan Maulid Nabi sebagai bid’ah yang tidak layak dilakukan.

Tapi hal itu dapat dengan mudah dipatahkan oleh ulama-ulama ahlussunnah wal jama’ah, salah satunya Sayyid Muhammad al-Maliki.

Hingga kini, setiap 12 Rabiul Awal umat Islam di berbagai belahan dunia merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Peringatan hari kelahiran manusia agung ini dikenal dengan Maulid Nabi.

Untuk merayakan Maulid Nabi, seorang muslim penting mengetahui 12 Rabiul Awal bertepatan tanggal berapa dan hari apa dalam kalender Masehi. Mengingat terdapat perbedaan setiap tahunnya antara kalender Hijriyah dengan Masehi.

Jika mengacu pada kalender 1445 H yang diterbitkan Kementerian Agama Republik Indonesia, 1 Rabiul Awal 1445 H jatuh pada hari Ahad, 17 September 2023. Dengan demikian, 12 Rabiul Awal 1445 H atau peringatan Maulid Nabi tahun ini bertepatan dengan hari Kamis, 28 September 2023.

Dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023, pada 28 September 2023 adalah hari libur untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.