KUNJUNGAN DEPUTI BIDANG PELAYANAN PUBLIK KEMENPAN-RB DI MALL PELAYANAN PUBLIK KABUPATEN LAMONGAN

Pada haru Rabu (23/12, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melalui unit Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik kunjungi Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Lamongan.

Kunjungan yang dipimpin Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II, Noviana Andriana disambut seluruh jajaran pejabat di Kabupaten Lamongan antara  lain Bupati Lamongan Fadeli bersama Wabup Kartika Hidayati, Kapolres AKBP Harun dab Kepala Kejaksaan Negeri Agus Setiadi, dan seluruh kepala OPD/Instansi penghuni coubter di MPP  Lamongan.

MPP Kabupaten  Lamongan  di proyeksikan menjadi icon Pelayanan publik terpadu di Kabupaten Lamongan yang dioperasikan sejak 17 Maret lalu, waktu itu di soft launching oleh Bupati Lamongan, Fadeli. MPP Kabupaten  Lamongan dinilai Noviana Andriana sudah siap untuk dapat di resmikan secara langsung oleh Menpan RB.

“Saya lihat MPP Lamongan sudah siap untuk dapat di resmikan Bapak Menpan RB, walaupun tentu kita tetap melengkapi sarana dan prasarana, peningkatan pelayanannya, maupun peningkatan SDM nya,” tutur Noviana Andriana.

Kedepan, lanjut Noviana perlu adanya pemeliharaan berkelanjutan maupun pengetahuan dalam bidang pelayanan.

Sementara itu, Bupati Fadeli menjelaskan, MPP telah menyediakan 225 layanan dari 34 counter layanan berasal dari OPD/Instansi/Perbankan/Swasta, mulai dari Bappeda, DPMPTSP, BPJS, Samsat, Dispendukcapil hingga Bank Daerah.

“Meskipun mengalami penurunan pengunjung akibat pembatasan kuota pada setiap unit pelayanan di saat pandemi, pelayanan MPP tetap membuka pelayanan atau bisa dilakukan secara online,” ucapnya.

Diterangkan olehnya, dari sekian layanan, salah satu unggulannya adalah mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Melalui ADM tersebut, masyarakat yang sudah memiliki barcode bisa mencetak dokumen kependudukan secara mandiri.

“Agar masyarakat dapat terlayani dengan maksimal, kami telah menempatkan mesin anjungan di beberapa titik. Yakni di MPP, Ngimbang, Paciran dan Babat,” ujar Fadeli.

Fadeli juga mengungkapkan akan terus berupaya memperbaiki kinerja agar lebih efektif dan efesien.

“Saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya, kami terus berupaya memperbaiki kinerja, salah satunya yakni meningkatkan pelayanan publik terpadu, tidak berbelit-belit, langsung, terintegritas dan tanpa pungli,” imbuhnya.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Lamongan,  Agus Cahyono menuturkan : "MPP Kabupaten Lamongan akan terus berbenah untuk kenyamanan pelayanan baik sarana prasarana, SOP, kompetensi SDM dsb".

Selain sebagai tempat pelayanan publik terpadu MPP Kabupaten Lamongan juga sebagai tempat refreshing. Terbukti dengan adanya sarana prasarana pendukung al: bangunan  MPP yg megah dan unik, spot selfi, miniatur kapal van der wijk karya anak SMA Sekaran, sepeda kayu karya pak Jarwo dari Mungli kec Kelitengah, ruang tunggu dengan sofa yg nyaman, dsb.

Dalam upaya menarik investor untuk berinvestasi di Kabupaten Lamongan, MPP Kabupaten Lamongan dilengkapi Invesment Promotion Room. Ruang ini dilengkapi dengan peta tata ruang Kabupaten Lamongan  profil investasi,  dan mekanisme prosedur investasi.*)